Koding Hari ke 2


 Membuat Resume Modul 1

Resume 1

1. Posisi Mapel KKA dengan Mapel Informatika

Mata pelajaran Informatika merupakan mapel wajib yang diselenggarakan di kelas 7, 8, 
9 dan 10, dengan dua elemen Berpikir Komputasional dan Literasi Digital serta menjadi 
mapel pilihan pada kelas 11 dan 12 dengan empat elemen yaitu Berpikir Komputasional, 
Literasi Digital, Analisis Data dan Algoritma Pemrograman. Mapel Koding dan KA (KKA) 
merupakan mapel pilihan dari kelas 5 hingga kelas 12 yang diselenggarakan oleh sekolah 
yang memiliki kapasitas baik dari sisi infrastruktur maupun pengajar yang mencukupi. 
Karenanya penting sekali bagi pendidik untuk mengetahui ruang lingkup mapel 
Informatika, dan relasinya dengan mapel KKA ini, sehingga dapat membuat perencanaan 
pembelajaran KKA dengan tepat.

2. Penerapan pembelajaran KKA pada satuan pendidikan yang kurang mempunyai fasilitas komputer. Apakah mungkin memberikan materi koding   pada satuan pendidikan yang kurang mempunyai fasilitas komputer

 

 

Resume 2

1. Diseminasi Konten Digital

Untuk memaksimalkan dampak dari diseminasi konten, penggunaan alat analitik 
seperti Google Analytics atau alat sosial media analytics seperti Hootsuite dan 
Buffer bisa Anda gunakan untuk membantu memahami bagaimana konten yang 
mengonsumsinya siapa, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten 
tersebut. 

2.  melakukan evaluasi pada konten yang telah dipublikasikan  dalam istilah populernya disebut dengan social media monitoring. apakah mungkin melakukan evaluasi setelah dipublikasi

 

 

Resume 3

1. Etika dan Resiko KA Generatif 
Kecerdasan Artifisial (KA) telah membawa banyak kemajuan dan peluang dalam 
berbagai bidang. Namun, perkembangan ini juga menimbulkan sejumlah tantangan etika 
dan risiko yang perlu dipertimbangkan secara serius.

 

2. Teknologi Deepfake 

adakah serangkaian AI yang akuntabel untuk mengukur apakah suatu produk Deepfake  atau Hasil nyata.

 

 

 

Resume 4

1.  Pengenalan Kecerdasan Artifisial Sederhana 
Sistem atau perangkat lunak yang meniru kecerdasan manusia untuk menyelesaikan 
tugas tertentu menggunakan algoritma disebut Kecerdasan Artifisial (KA). Meskipun 
tidak memiliki kesadaran atau pemahaman seperti manusia, KA ini dapat memproses 
data dengan cepat dan memberikan jawaban yang bermanfaat dalam berbagai 
konteks komunikasi. Chatbot, asisten virtual, dan sistem penerjemah otomatis adalah 
contoh umum alat komunikasi sederhana. 

2. Supervised Machine Learning

Apakah mungkin ada seumur SMP yg ingin berperan sebagai pengawas di dunia digital

 

 

Resume 5

 

1. Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) 

Seiring dengan perkembangan teknologi, sosial dan ekonomi serta kebutuhan untuk 
dapat bersaing secara global, maka berbagai tuntutan keterampilan semakin 
berkembang pula. Keterampilan-keterampilan ini dikenal sebagai keterampilan Abad 21. 
Salah satu keterampilan yang diperlukan adalah keterampilan berpikir kritis atau lebih 
dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS). Secara umum, kemampuan berpikir 
tingkat tinggi merupakan proses berpikir kompleks dalam menguraikan objek materi, 
menyusun kesimpulan, membangun representasi dari materi yang dipelajari, 
menganalisis dengan cara dekomposisi atau abstraksi, dan membangun relasi antar 
objek yang melibatkan aktivitas mental yang paling diperlukan.  

2. Edgar Dale.

mungkinkah kita harus menerangkan  kerucut pengalaman belajar Edgar Dale di SMP

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang membangun...