1. Judul Video : Testimoni Kurikulum Merdeka
Resume:
Pada bagian ini, pembicara membahas tentang implementasi Kurikulum
Prototype di sebuah sekolah di Indonesia, yang berfokus pada pengembangan
profil karakter siswa berdasarkan kebutuhan dan karakteristik masing-masing
individu. Paradigma baru pembelajaran berpusat pada siswa ini juga telah menyebabkan
perubahan signifikan dalam digitalisasi sekolah, perencanaan berbasis data, dan
peningkatan sumber daya manusia. Kurikulum Prototype memungkinkan siswa menjadi
lebih antusias dalam belajar, karena memberi mereka kesempatan untuk
berkreativitas dan mengembangkan ide sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka.
Meski menghadapi tantangan, sekolah percaya bahwa Kurikulum Prototype merupakan
pengembangan dari kurikulum sebelumnya dan telah membantu siswa menjadi
pembelajar mandiri yang dapat berkontribusi pada masyarakat. Implementasi
kurikulum ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan
dengan memberikan kebebasan bagi guru dan siswa untuk berinovasi dan
meningkatkan kompetensi melalui Gerakan Merdeka Belajar.
2. Judul Video : Implementasi Kurikulum Merdeka - Belajar Lebih Bermakna
& Menyenangkan [Ni Made Meriandinata]
Resume :
Dalam video YouTube berjudul
"Implementasi Kurikulum Merdeka - Belajar Lebih Bermakna &
Menyenangkan [Ni Made Meriandinata]," seorang guru memuji implementasi
kurikulum Merdeka di Indonesia. Kurikulum ini menekankan kebebasan dan
kreativitas dalam pendidikan, memungkinkan guru memahami karakteristik setiap
siswa dan mengembangkan kreativitas mereka. Selain itu, kurikulum ini
menyediakan platform yang lebih mudah untuk penilaian dan analisis keterampilan
membaca, menulis, dan berhitung. Guru tersebut menyoroti bahwa siswa menjadi
bahagia dan antusias dalam belajar, dan kurikulum ini mendorong kolaborasi
antara orangtua dan guru, memperkuat hubungan yang lebih dekat. Selain itu,
kurikulum ini juga mempromosikan empati dan toleransi melalui proyek
kolaboratif dan berbagi makanan dengan sesama. Secara keseluruhan, guru
tersebut berharap adanya dukungan dan ekspansi lebih lanjut dari kurikulum
Merdeka di seluruh Indonesia.
3. Judul Video : Implementasi Kurikulum Merdeka - Kenali Murid Lebih Dalam,
Ciptakan Pemb yang Relevan-Made Pujangga
Resume :
Dalam video tersebut, Made Pujangga, seorang guru biologi, berbagi
pengalamannya dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka di sekolahnya. Ia
menyoroti perubahan dalam pembelajaran, terutama dalam mengakui potensi siswa
dan memberikan istirahat belajar yang relevan. Kurikulum Merdeka menekankan
hasil belajar yang lebih sederhana dan nyaman, memungkinkan guru merancang
kurikulum dan tujuan pembelajaran berdasarkan kebutuhan siswa. Pujangga juga
menyebut penggunaan platform pengajaran Merdeka, yang menyediakan pelatihan,
video inspirasi, dan penilaian diagnostik untuk membantunya memahami melek
huruf, berhitung, gaya belajar, dan minat siswa. Ia menggambarkan pendekatan
mengajar sistem ekskresi manusia dengan menggunakan video dan diskusi kelompok
di mana siswa dengan kreatif mempresentasikan temuan mereka. Pujangga
menghargai penilaian diri, penilaian oleh teman sejawat, serta evaluasi
formatif dan sumatif, yang membantunya menghargai potensi dan perkembangan
siswa. Ia juga mengapresiasi kolaborasi dalam membuat pertanyaan ujian sekolah
yang disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi siswa. Secara keseluruhan,
Pujangga melihat kurikulum Merdeka sebagai kesempatan bagi siswa dan guru untuk
belajar, berkreasi, dan berkontribusi pada pengembangan pendidikan di
Indonesia.
4. Judul Video : Implementasi Kurikulum Merdeka - Belajar
Lebih Relevan & Menyenangkan Melalui Pemb Berbasis Proyek
Resume :
Dalam video tersebut, Pak Joko Prasetyo membahas implementasi kurikulum
Merdeka di SMP Negeri 2 Temanggung. Ia percaya bahwa kurikulum Merdeka adalah
jawaban atas tantangan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum
ini memberikan siswa lebih banyak kebebasan dalam belajar dan guru lebih banyak
kebebasan dalam mengajar. Para guru didorong untuk menghargai potensi setiap
siswa dan menilai kekuatan serta minat mereka. Kurikulum ini juga mewajibkan
sekolah menciptakan proyek yang memperkuat pemahaman siswa tentang Pancasila
dan fokus pada topik seperti gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, dan
kewirausahaan. Sebagai contoh, dalam mengatasi masalah lingkungan, siswa
diajarkan tentang polusi yang disebabkan oleh sampah dan didorong untuk mencari
solusi melalui proyek-proyek seperti pengolahan sampah dan kerajinan. Kurikulum
Merdeka menekankan pentingnya menghargai potensi beragam siswa dan memberikan
platform bagi guru untuk dengan mudah mengimplementasikan kurikulum tersebut
melalui Merdeka Mengajar. Secara keseluruhan, implementasi kurikulum Merdeka
bertujuan membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan membantu siswa
meningkatkan keterampilan dalam bidang yang mereka kuasai.
5. Judul Video : Siniar Sapa Pendidikan "Kurikulum Merdeka: Relevan, Mendalam,
dan Menyenangkan"
Resume :
Video "Siniar Sapa Pendidikan: Kurikulum Merdeka"
memperkenalkan kurikulum Merdeka oleh Menteri Pendidikan, Nadim Makarim. Tujuan
kurikulum ini adalah meningkatkan kreativitas dan minat siswa dengan pilihan
mata pelajaran. Video membahas komentar masyarakat, pentingnya pemahaman
manfaat perubahan, dan mengundang ahli untuk solusi. Kurikulum ini menyesuaikan
dengan kebutuhan siswa dan tuntutan masa depan. Membahas kelemahan kurikulum
sebelumnya, pentingnya pembelajaran personalisasi, dan kolaboratif. Kurikulum
Merdeka memberi opsi implementasi, mengubah pola pikir, hubungan guru-siswa,
dan memahami kemampuan siswa. Pentingnya mengakui potensi individu dan promosi
komunitas pembelajaran. Menyediakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan
memuaskan bagi guru dan siswa, serta peran hubungan guru-siswa dalam
pertumbuhan dan perkembangan. Video berterima kasih atas wawasan dan mengundang
pemirsa untuk episode menarik selanjutnya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berikan komentar yang membangun...